TUGAS Minggu 2. Pelanggan Usaha

    Usaha Sambal Baba di dirikan oleh Muhammad Yamin R di Jayapura – Papua, Sambal Baba ciptakan dari sambal yang di olah dengan ikan asar yang jarang sekali di olah di daerah papua, dan tercipta lah sambal baba dan akhirnya menjadi promadona di festival di 10 kota di Indonesia. Masyarakat Indonesia hamper semua suka dan memakan sambal, jadi itulah pasar yang akan dituju. Berawal dari berjualan online melalui fb dan media sosial lainnya.

    Sambal Baba yang berawal produksi hanya memesan 100 botol untuk kemasan menggunakan pesawat dari pulau jawa, dan pada hari ini sudah memesan 40.000 botol lewat container dalam waktu 3 tahun perjalanannya.

Pelanggan dibagi menjadi :

1. Pelanggan Internal : Pelanggan ini yang akan memberikan banyak kontribusi kepada anda dalam banyak hal dalam mendukung pengembangan usaha anda. 

Pelanggan Internal terdiri dari, keluarga besar, karyawan perusahaan, agen / reseller, vendor supplier dan distributor.

2. Pelanggan Eksternal : Pelanggan ini yang akan menjadi Pembeli / pemakai produk akhir yang anda ciptakan merupakan pelanggan nyata anda dan akan menjadi loyality customer and ajika kita mampu menjaga hubungan dengan mereka. 

Pelanggan Eksternal terdiri dari, pelanggan baru, pelanggan spontan, pelanggan tetap dan pelanggan tetap berkembang.

Target Pelanggan :

1. Pelanggan berdasarkan jenis kelamin (pria atau wanita)

2. Pelanggan berdasarkan usia (anak-anak, remaja, dewasa, orang tua)

3. Pelanggan berdasarkan karakter (sanguinis, plegmatis, melankolis,korelis)

4. Pelanggan berdasarkan sifat (ragu-ragu, sabra, angkuh, curiga, pembantah)

5. Pelanggan berpasangan (sambal lovers, snack lovers, fish lovers)

 

Komentar

Postingan Populer